Hari Guru, Politisi PKS Ingatkan Perjuangan Pengajar di Masa Pandemi

0
249

Hari Guru 2020 yang jatuh pada 25 November 2020 begitu istimewa. Para guru dan penyelenggara lembaga pendidikan menghadapi kondisi pandemi Covid-19.

Menyambut Hari Guru 2020 inilah, politisi PKS yang juga Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, M Taufik Zoelkifli atau akrab disapa MTZ, ingatkan agar masyarakat menghargai perjuangan para guru.

“Di masa pandemi ini, banyak rekan-rekan pengajar yang bercerita susahnya belajar aplikasi untuk bertatap muka secara daring, setiap hari. Mereka dituntut menyesuaikan diri dengan cepat. Tapi, saya sangat salut, mereka mampu menyesuaikan diri, masih dengan keikhlasan sebagaimana biasanya.” kata MTZ di Kantor DPRD DKI Jakarta, Rabu, 25/11.

“Karena banyak rumah tangga yang tertekan secara ekonomi, ditambah lagi anak yang kurang memahami pengajaran, kadang guru menjadi pelampiasan atau kambing hitam. Di sini, hanya julukan pahlawan tanpa tanda jasa yang mampu menjelaskan, bagaimana sosok guru itu.”

“Tentu para murid juga tertekan. Ada yang terbiasa belajar memperhatikan gurunya, ada yang nyaman dengan kerja kelompok. Tapi ini demi kebaikan bersama,” jelasnya lagi.

“Kedepan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah memberikan isyarat bahwa pendidikan boleh kembali dilakukan secara langsung di ruang kelas, mulai Januari 2021. Semoga, para guru mendapatkan fasilitas yang memadai, terutama, untuk menjaga guru dan seluruh warga sekolah dari potensi penyebaran virus Covid-19.” katanya lagi.

MTZ yang juga pendiri beberapa lembaga pendidikan turut mengamati dampak pandemi Covid-19, baik sebagai penyelenggara pendidikan maupun sebagai publik. Dengan begitu, ia sangat mengerti beban moral dan administrasi semacam apa yang ditanggung para guru.

“Semoga tahun 2021 akan lebih baik bagi pendidikan di Indonesia,” tutupnya.