Masa reses yang dijalankan anggota DPR RI mulai pertenaghan Juli hingga pertengahan Agustus tahun ini, masih kental dengan situasi pandemic Covid-19. Bahkan pemerintah telah memberlakukan Pengetatan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang hingga tanggal 16 Agustus 2021.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS untuk daerah pemilihan Jakarta Timur, Anis Byarwati, memulai masa reses dengan menyalurkan 1000 paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di daerah pemilihannya. Perhatian Anis kepada masyarakat dilanjutkan dengan pemberian bantuan tunai untuk satgas Covid-19 di struktur DPD PKS Jakarta Timur dan 10 struktur DPC masing-masing sebesar sepuluh juta rupiah. Bantuan ini disampaikan Anis pada Sabtu (3/7/2021).

Pada momen Hari Raya Idul Adha (20/7/2021), anggota Komisi XI DPR RI ini menyalurkan hewan qurban sebanyak 8 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Pemotongan hewan qurban ini dititipkan Anis di beberapa lokasi di daerah Jakarta Timur yang dikelola oleh struktur PKS dan sebagiannya oleh relawan AB (Anis Byarwati).

Masih terkait dengan sector Kesehatan, Anis menyerahkan bantuan 1 unit mobil ambulance yang merupakan Kerjasama yang dilakukan Anis sebagai anggota komisi XI DPR RI dengan program social bank Indonesia (PSBI). Ambulance ini diserahkan Anis kepada yayasan YATAMA yang berlokasi di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Kamis (29/7/2021). Selain itu pada Jum’at (13/8/2021), Anis menyerahkan 2 unit kursi roda bagi warga kecamatan Makasar yang membutuhkannya. “Semoga perlengkapan Kesehatan yang kita serahkan kepada masyarakat dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh penerima akan tetapi oleh warga sekitarnya. Semakin banyak orang menggunakan perangkat Kesehatan ini, semakin banyak manfaat yang dirasakan. Dan ini yang saya inginkan,” ujar Anis.

Sesuai dengan latar belakang keilmuannya yaitu ekonomi Islam, pada kesempatan reses ini Anis mengisi kegiatan webinar yang berkaitan dengan ekonomi Islam yaitu webinar bertajuk “Ada Apa Di Balik Merger Bank Syari’ah” yang diselenggarakan oleh The Sharia Institute pada Sabtu (24/7/2021). Yang kedua, Anis menjadi dosen tamu pada kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan judul “Pandemi dan Kebijakan Ekonomi Dalam Perspektif Islam” pada Rabu (4/8/2021). Dan ketiga, menjadi nara sumber pada webinar “Merdeka Dari Riba” yang diadakan oleh Komunitas Rabu Hijrah pada Rabu (11/8/2021).

Di bidang pemberdayaan ekonomi dan UMKM, doctor ekonomi Islam ini meresmikan 2 Rumah Tangguh Berdaya (RTB) yang merupakan program PKS untuk pemberdayaan UMKM. RTB pertama yang diresmikan Anis berlokasi di Pasar Rebo pada Ahad (4/7/2021) dan RTB kedua berlokasi di kecamatan Matraman, Jakarta Timur yang diresmikan pada Rabu (11/8/2021). Dalam sambutannya, Anis menegaskan bahwa RTB perlu benar-benar menjadi rumah bagi UMKM untuk meningkatan keterampilannya, mendapatkan informasi, wawasan dan pengetahuan baru, serta berbagai pendampingan yang akan meningkatkan kualitas UMKM.

Selain itu, berbagai kegiatan silaturahim dengan para tokoh masyarakat dan komunitas digelar ibu delapan anak ini melalui kegiatan webinar. Sejumlah webinar yang diselenggarakan diantaranya silaturahim via zoom dengan Para Ustadzah Guru Majelis Taklim se Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur, Webinar Pengelolaan Keuangan Keluarga “Pilah Sampah Jadi Berkah”, webinar yang bertajuk: “Solusi TK, PAUD, dan TPA tetap Eksis di Masa Pandemi”, Talim Rutin Ustadzah se-Kecamatan Cakung Jakarta Timur, dan sebagainya. Pada Senin (24/7/2021), Anis menguatkan silaturahim dengan 4 orang calon anggota legislatif DPR RI dari PKS tahun 2019 yang tidak terpilih. Dalam silaturahim dengan suasana kekeluargaan ini, Anis menyerahkan dana kerahiman yang ditunaikannya sesuai dengan instruksi presiden PKS.

Terakhir, Anis yang juga menjabat sebagai Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini, bekerjasama dengan beberapa struktur DPC di Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan vaksin untuk masyarakat. “Kita mendukung upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dengan pemberian vaksin. Dan PKS turut andil memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan hak nya dengan kegiatan pemberian vaksin ini,” tutur Anis. Kegiatan ini dilakukan di 4 kecamatan yaitu kecamatan Kramat Jati di hari Ahad (1/8/2021), kecamatan Pasar Rebo di hari Ahad (15/8/2021), kecamatan Jatinegara di hari Sabtu (14/8/2021) dan kecamatan Duren Sawit di hari Rabu (11/8/2021). Dengan banyaknya kegiatan yang diakukan, Anis berharap kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat Jakarta Timur dalam menghadapi dampak pandemic Covid-19, menguatkan branding PKS sebagai pelayan rakyat dan memotivasi seluruh anggota PKS untuk meningkatkan semangat melayani rakyat.