Rumah Tangguh Berdaya Cakung Hadirkan Inovasi Untuk UMKM

0
66

Sabtu, 11 September 2021 bertempat di Komplek Pulo Gebang Permai Jl. Jatayu Barat Blok J1, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi PKS Jakarta Timur kembali meresmikan Rumah Tangguh Berdaya (RTB) Cakung sebagai RTB yang ke tiga, setelah kecamatan Pasar Rebo dan Matraman.

Menurut Ketua Umum PKS Jakarta Timur, Ikrar Aulia, peresmian RTB cakung menegaskan kembali komitmen PKS Jakarta Timur untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas untuk tetap berkibar di market lokal dan beranjak merambah market internasional dengan mengupgrade branding dan digital marketing.

” Kesungguhan PKS Jakarta Timur dalam mendukung UMKM dibuktikan dengan pembentukan RTB di setiap kecamatan. Alhamdulillah, sampai saat ini dari empat Rumah Tangguh Berdaya yang ada di Jakarta, PKS Jakarta Timur sudah berkontribusi dengan tiga RTB yaitu di Kecamatan Pasar Rebo, Matraman dan Cakung. Insya Allah, kecamatan lain akan menyusul dalam waktu dekat ” tutur Ikrar dalam sambutannya.

Sementara itu ketua DPD PKS Jakarta Timur bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi (BPJE) H. Tadjudin memaparkan bahwa BPJE akan membersamai UMKM untuk tumbuh dan berkembang dengan memberikan pendampingan seperti membantu proses legalitas, mencarikan investor, memberikan pelatihan – pelatihan dan bersama UMKM melakukan inovasi-inovasi baru.

Melengkapi penjelasan Tadjudin, Ketua BPJE Cakung, Setiadi memaparkan bahwa RTB Cakung sedang mengembangkan inovasi untuk membuat market place pasarcakung.com yang akan menjadi sarana bagi UMKM untuk memasarkan pruduknya secara online.

” Dengan hadirnya pasarcakung.com maka pelaku UMKM Cakung akan lebih menghemat biaya, tenaga dan waktu ” ujar Setiadi.

Acara peresmian RTB Cakung dilakukan oleh Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS KH. Mukhayar, RM yang didampingi oleh ketua umum DPD PKS Jakarta Timur Ikrar Aulia, Ketua BPJE Jakarta Timur Tadjudin, Ketua DPC PKS Cakung Pujut Aries Wibowo.

Menurut ketua RTB Cakung Rita Setiyowati, peresmian RTB Cakung dimeriahkan dengan adanya etalase outlet UMKM yang diikuti sekitar 8 usaha dengan aneka produk kuliner seperti bir pletok, asinan, ayam bakar, dan lain-lain.

Acara ini juga dihadiri oleh Lurah Pulogebang Imron S. Sos, Ketua Koperasi Sinergi Wirausaha Jakarta MN. Widyanto, anggota paguyuban pedagang mie ayam Berkah Sinergi dan dihadiri secara virtual 25 pelaku usaha di kecamatan Cakung.