Hadiri Launching Rumah Tangguh Berdaya, Anis Apresiasi Sebagai Solusi Cerdas Bangkitkan Ekonomi di Masa Pandemi

0
111

Ahad siang (8/8/2021), anggota Komisi XI DPR-RI dari Fraksi PKS, DR. Anis Byarwati, S.Ag., M.Si., meresmikan Rumah Tangguh Berdaya (RTB) di Kecamatan Matraman Jakarta Timur sebagai salah satu agenda di masa reses-nya.  Kegiatan yang digagas oleh Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Jakarta Timur ini berlangsung secara hybrid dengan peserta offline terbatas dihadiri oleh perwakilan jajaran struktur pengurus PKS dan sejumlah tokoh masyarakat. Sementara secara virtual, acara dihadiri oleh sekitar 30 pelaku usaha anggota PKS.

Dalam kesempatan ini, Anis menyampaikan bahwa program RTB Matraman terwujud karena semua elemen PKS – baik anggota, struktur dan anggota legislatif- memiliki komitmen yang sama untuk berbuat dan melayani masyarakat.  “Semua menyadari bahwa berada di PKS adalah bagian dari ibadah, sehingga pantang main-main atau tidak serius berkontribusi,” ujar Anis.

BPJE DPD PKS Jakarta Timur, melalui berbagai upaya pengelolaan jaringan usaha berupaya tetap dapat berkontribusi kepada masyarakat meski dalam kondisi pandemi.

RTB adalah salah satu solusi cerdas, di saat Pandemi yang meluluh-lantahkan  hampir semua sektor pembangunan, termasuk sektor ekonomi.  Kamar Dagang & Industri (Kadin) Indonesia mencatat lebih dari 6,4 juta pekerja dirumahkan dan terkena PHK akibat pandemi Covid-19.  Sementara data BPS menyebutkan, per Februari 2021 terdapat 19,10 juta orang (9,30 persen penduduk usia kerja) yang terdampak Covid-19. Terdiri dari pengangguran karena Covid-19 (1,62 juta orang), Bukan Angkatan Kerja (BAK) karena Covid-19 (0,65 juta orang), sementara tidak bekerja karena Covid-19 (1,11 juta orang), dan penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja karena Covid-19 (15,72 juta orang). “Melalui RBT kita tunjukkan bahwa PKS menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa,” kata Anis.

Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan DPP PKS ini menegaskan bahwa posisi PKS di parlemen memang menjadi partai oposisi. Tetapi PKS berusaha untuk selalu terdepan dalam melayani dan membantu masyarakat.  “Setiap anggota PKS memiliki DNA pelayan masyarakat,” tuturnya.

Anis yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Akuntabikitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI ini menutup sambutannya dengan mengatakan  “Program RTB ini sangat kami dukung. Bukan hanya karena terkait langsung dengan tugas kami di DPR-RI, tetapi karena program ini adalah salah satu inovasi  dan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat saat ini.”