SELAMAT, JAKARTA MENANG THE 2021 SUSTAINABLE THE 2021

0
22

Jakarta, Indonesia memenangkan The 2021 Sustainable Transport Award. Ini adalah perhargaan karena Jakarta berhasil membangun sistem transportasi kota yang berkesinambungan.

Salah satu kriteria penilaian adalah sistem transportasi terintegrasi antara TransJakarta, Angkot, MRT dan LRT.

Kita perlu mencermati, kata kunci di penghargaan itu adalah “sustainable” yang artinya berkesinambungan. Artinya, pembangunan sistem transportasi di Jakarta terintegrasi diibaratkan cerita bersambung.

Gagasan dan pembangunan Trans Jakarta dimulai sejak jaman Sutiyoso dan dilanjutkan prosesnya oleh Fauzi Bowo dengan adanya penambahan rute dan jalur-jalur baru.

Jaman Gubernur Jokowi, transportasi terpadu ditambah dengan perencanaan MRT dan LRT. Perkembangan semakin mulus ketika Jokowi naik jadi presiden dan Ahok jadi gubernur. Karena Presidennya adalah Jokowi, maka pembangunan MRT dan ditambah LRT saat Asian Games 2018 bisa berlangsung. Ahok dapat backup kuat dari RI-1 untuk membangun transportasi Jakarta.

Kemudian setelah itu datang era Anies Baswedan. Pembangunan transportasi makin mengalami perkembangan yang pesat. Di Jaman Anies kita mengenal JakLingko, sistem yg mencoba mengintegrasikan antara moda transportasi TransJakarta, MRT, LRT dan Angkot (Angkutan Kota). Angkot yg tadinya dipandang sebelah mata jadi naik kelas di jaman Anies. Dan pembangunan masih terus berlanjut

Jadi demikianlah. Semua Gubernur Jakarta sejak Sutiyoso mempunyai andil membangun sistem transportasi modern di Jakarta. Fauzi B – Jokowi – Basuki TP – Anies B. Mudah2an dilanjutkan terus oleh Gubernur selanjutnya. Juga jangan lupa kerjasama dari warga dan dewan (legislatif) nya. Itulah makna “sustainable development” / pembangunan yang berkelanjutan.

Untuk membangun kota apalagi negeri perlu keberlanjutan, kesinambungan dan kerjasama dari semua pihak. Tidak bisa berjalan sendiri-sendiri atau saling klaim merasa paling berjasa.