Senin (19/4) – Sejumlah Relawan Partai Keadilan Sejahtera kecamatan Pasar Rebo tampak telah bersiap sejak pagi hari untuk membantu program vaksinasi warga yang digulirkan oleh Puskesmas Pasar Rebo. Meski hari puasa, tampak wajah relawan penuh antusias menyapa warga yang datang satu-persatu. Mereka adalah para relawan yang dikoordinir oleh Seksi Kesejahteraan Sosial DPC PKS Pasar Rebo, yang terdiri dari admin, perawat dan dokter. Sebagian besarnya adalah generasi milenial, bahkan ada yang dari generasi Z. Hal tersebut menunjukkan kesiapan PKS untuk melanjutkan pelayanan kepada masyarakat dengan stok SDM dari kalangan anak-anak muda yang masih belia.
Gedung SDN 05 Cijantung menjadi tempat pertama pelaksanaan vaksinasi warga di kelurahan Cijantung. Setelah ini, diharapkan bisa pula terlaksana di 4 kelurahan lainnya yang ada di wilayah Pasar Rebo. “PKS dapat membantu dalam program vaksin, karena saat ini kami perlu adanya partisipasi warga dalam penanganan wabah covid-19 ini, di tengah tenaga medis kami terbatas,” begitu pesan drg. H. Mamun Z, Kepala Puskesmas Pasar Rebo.
PKS merasa prihatin dengan kondisi tenaga medis yang penuh dengan keterbatasan. Baik SDM-nya, maupun sarananya. Oleh karena itu, ketika pihak Puskesmas menyampaikan kebutuhan SDM, maka Seksi Kesejahteraan Sosial DPC PKS Pasar Rebo segera menyambut dengan antusias. Meskipun telah disampaikan bahwa kerelawanan ini sifatnya sukarela tanpa ada makan siang atau upah. Bagi PKS, melayani masyarakat adalah jiwa sehari-hari. Dan PKS siap bersama dengan seluruh elemen masyarakat untuk saling meringankan beban sesama, terutama di masa pandemi ini. Hal tersebut sesuai dengan jargon yang dicanangkan pada Munas tahun lalu, “Bersama Melayani Rakyat”.
Maka bukan hanya SDM, PKS Pasar Rebo turut membantu beberapa sarana yang diperlukan. Seperti laptop, modem dan lainnya. “Seru juga, bisa ikutan bantu melayani warga yang hendak divaksin,” ujar Nuna yang usianya seumuran dengan PKS. Ia tampak siaga di meja administrasi, memasukkan data calon penerima vaksin satu-persatu.
Ketika dihubungi terkait persiapannya, dr. Fitria selaku Koordinator Tim mengatakan, “Mungkin bisa dikatakan tanpa persiapan ya. Karena pihak Puskesmas menghubungi tadi malam. Lalu kami koordinasikan dari setelah tarawih sampai sahur. Alhamdulillah akhirnya tim bisa membantu pagi ini. Termasuk kebutuhan laptop, alhamdulilah para anggota PKS saling berlomba untuk meminjamkan laptopnya.”
Sementara H.R. Syamsul Bahri selaku Ketua DPC PKS Pasar Rebo yang dihubungi secara terpisah, menyatakan terima kasih atas peran aktif anggota PKS dalam merespon peluang amal ini. “Anggota PKS memang dibina untuk bisa melayani. Alhamdulillah inilah hal yang menjadi kebahagiaan di PKS. Saya sendiri tadi tidak bisa membersamai, tapi semalam sampai larut kontak-kontak terus dengan tim Kesos untuk menyiapkan SDM. Alhamdulillah paginya anggota PKS bisa bergerak. Mereka terbiasa bergerak kapanpun dan di manapun saat diperlukan. Tentu saya berterima kasih dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada mereka.”