Rapat Kerja Komisi D, Muhayar ingatkan Optimalisasi Ruang Terbuka Hijau dan Pemakaman

0
202

Komisi D DPRD DKI Jakarta menggelar Rapat kerja dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta. Anggota Komisi D dari Fraksi PKS, H. Muhayar RM  mempertanyakan perkembangan presentase Lahan Hijau  arau ruang terbuka Hijau yang ada DKI Jakarta dan Jumlah Pemakaman umum untuk Masyarakat.  Pihaknya mengingatkan bahwa perlu ada optimaliasi realisasi anggaran untuk kedua program tersebut mengingat lahan hijau dan pemakaman dibutuhkan masyarakat.

“Ini perlu menjadi perhatian khusus dalam program kerja Dinas pertamanan dan pemakaman,  sebab dalam Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, telah diatur proporsi RTH pada setiap kota paling sedikit harus memiliki 30% dari luas wilayah kota, sementara kita baru mencapai 9,4,,” katanya di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (1/3).

Ia juga menambahkan dalam beberapa kali kesempatan berdialog dengan masyarakat, hal yang disampaikan kepadanya ialah terkait lahan pemakaman yang semakin terbatas. Populasi masyarakat Jakarta semakin bertambah, angka kematian juga bertambah, tetapi lahan pemakaman belum mengikuti.

” saya berharap, di tahun 2021 ini, ibu kadis memprioritaskan keinginandan kebutuhan masyarakat. Menjalankan amanat undang-undang terkait RTH dan kebutuhan lahan pemakaman untuk masyarakat”, jelas Muhayar.

Dilokasi yang sama, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati menjelaskan pihaknya akan terus berupaya memaksimalkan pembangunan dan penataan RTH di sembilan TPU yang menggunakan anggaran sebesar Rp23,9 miliar dengan total luas 3,97 hektare.

“Kita membuat RTH ini sangat konsern karena kewajiban kita disetiap kota menyiapkan dan sudah diamanatkan dalam UU. Sembilan TPU ini ada di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara,” tandasnya.

Adapun perluasan RTH di Jakarta Timur berada di TPU Ceger, TPU Prumpung, TPU Kober Jatinegara, TPU Pondok Ranggon, dan TPU Kampung Dukuh. Selanjutnya di wilayah Jakarta Barat ada di TPU Tegal Alur dan TPU Makam Pahlawan Tegal Alur, lalu di wilayah Jakarta Selatan di TPU Serengseng Sawah, serta di wilayah Jakarta Utara di TPU Rorotan.