PKS Jakarta Timur, Fasilitasi Konsolidasi Speed

0
205

PKS Jakarta Timur, Fasilitasi Konsolidasi Speed

Bertempat di kantor DPD PKS Jakarta Timur, 19 Desember 2020, diselenggarakan pertemuaan konsolidasi Serikat Pengemudi! Daring yang disingkat Speed. Tujuan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antar anggota dan peningkatan peran Speed untuk mengatasi masalah para pengemudi.

Acara yang dihadiri sekitar 40 peserta yang merupakan Koordinator wilayah maupun Daerah di area Jabodetabek. Apa itu Speed dan apa tujuan didirikan Serikat ini?
Speed dibidani oleh para pengemudi yang resah melihat kondisi pengemudi jasa transportasi daring khususnya roda dua. Walaupun disebut mitra oleh operator daring, tetapi pada kenyataan keputusan diambil sepihak oleh operator daring sehingga timbul masalah kesejahteraan pengemudi. Belum lagi masalah jaminan keselamatan dan kesehatan pengemudi yang tidak jelas. Berangkat dari keresahan itu maka dibentuklah Speed.

Pertemuan ini dipimpin oleh Koordinator Nasional yang akrab dipanggil Bang Iwant.

Pada konsolidasi ini juga dilakukan pembekalan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Serikat Pekerja yang disampaikan oleh Muhammad Rusdi, salah satu pengurus Harian Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Di dalam pembekalannya, Bung Rusdi demikian sapaan akrabnya menyerukan pentingnya Pengemudi Berserikat agar memiliki kedudukan sebagai mitra baik dengan operator daring maupun pihak lain seperti pemerintah maupun Anggota Badan Legislatif (DPR). Dengan mensejajarkan diri dengan Pihak lain maka masalah yang selama ini menjadi keresahan para pengemudi daring bisa diatasi. Di samping itu Bung Rusdi menekankan tujuan utama Speed ini adalah Dakwah, sehingga bisa menghindari perpecahan sesama pengemudi dan anggota bisa tersejahterakan. Terakhir Bung Rusdi menekankan pentingnya Speed menjadi organisasi yang mandiri.
Terakhir disepakati Speed akan mencatatkan diri ke Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta sebagai Serikat Pekerja di luar Perusahaan.
Pertemuan ditutup dengan presentasi dan dijajaginya kerjasama dengan aplikator trasnportasi online “ Abijek” yang mana tujuannya lebih menekankan pertumbuhan UMKM.