Ahad (2/5) – Dua puluh orang pembudidaya lele diundang oleh PKS Pasar Rebo dalam agenda buka puasa bersama pada hari ke-20 Ramadhan. Dua puluh orang tersebut mewakili 240 pembudidaya lele di 5 kelurahan se-Pasar Rebo, yang tergabung dalam Kelompok Budidaya Ikan Insan Madani. “Yang hadir sekitar 25 orang dengan pengurus DPC, karena prokes jadi terbatas,” ujar Eko Supriyogo, Ketua Seksi Buruh Tani Nelayan (BTN) DPC PKS Pasar Rebo.

Acara buka puasa bersama ini dihadiri oleh Ketua DPC PKS Pasar Rebo H.R. Syamsul Bachri, S.Sos.I. dan Bendahara DPC PKS Pasar Rebo Sutrisna. Selain itu, tampak pula hadir Ketua Bidang Buruh Tani Nelayan DPD PKS Jakarta Timur, H. Rudi Hananto.

*Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keluarga*

PKS sejak pandemi melanda negeri ini telah memberikan perhatian khusus bagi kondisi setiap keluarga anggota maupun masyarakat sekitarnya. Dalam hal ini, Bidang Buruh Tani Nelayan menjadi ujung tombak pemastian ketahanan pangan keluarga. “Program utama BTN adalah ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi keluarga wabil khusus warga Pasar Rebo,” jelas Eko Supriyogo ketika ditanya terkait program utama seksinya.

“Selain budidaya lele dalam ember, kita juga ada program menanam,” sambungnya.

Sementara Ketua DPC PKS Pasar Rebo dalam sambutannya menyampaikan perkenalan pengurus baru DPC kepada para pembudidaya lele yang hadir. “Alhamdulillah acara silaturahim ini bisa terselenggara, terima kasih kepada Seksi BTN. Bahwa program BTN ini salah satu dari sekian banyak kegiatan DPC PKS Pasar Rebo. Tentu dari semua program yang dijalankan, seluruhnya dalam rangka komitmen PKS untuk terus melayani dan membela rakyat,” ungkap H.R. Syamsul Bachri, S.Sos.I.

Syamsul Bachri juga meminta doa kepada seluruh pembudidaya lele yang hadir, agar PKS bisa tetap komitmen dengan cita-cita perjuangannya. “Perjuangan PKS tidak hanya politik, juga ekonomi, kesejahteraan sosial, dan lainnya,” ujarnya.

*Pembinaan Sampai Tingkat Kelurahan*

Rudy Hananto, Ketua Bidang BTN DPD PKS Jakarta Timur yang juga hadir dalam rangka mengunjungi DPC PKS Pasar Rebo menyampaikan harapannya, agar kehadiran Seksi BTN di struktur DPC PKS dapat memberikan pembinaan terhadap masyarakat yang ingin memastikan ketahanan pangan keluarganya masing-masing. “Pembinaan tersebut saat ini berupa budidaya lele dalam ember dan menanam sayuran di pekarangan rumah,” pesannya.

“Semoga nanti terbentuk pengurus Kelompok Tani di Pasar Rebo dan di lima kelurahannya,” tutupnya.