*Gotong Royong PKS Cijantung untuk APD Puskesmas*

Kamis (9/4), Dewan Pengurus Ranting PKS Cijantung menyerahkan Alat Pengaman Diri (APD) ke Puskesmas Cijantung. Penyerahan ini merupakan rangkaian program Gotong Royong Lingkungan tahap I yang digulirkan dari tanggal 1 sampai 8 April 2020. Kader-kader PKS Cijantung bersama masyarakat di sekitarnya bergotong royong untuk menyiapkan APD sebagai dukungan bagi pejuang-pejuang medis di garda terdepan tingkat kelurahan Cijantung.

Paket APD yang diserahkan berupa 10 Coverall, 10 Gown, 10 Face Shield, 4 Google dan satu botol hand sanitizer. Dilengkapi dengan bingkisan makanan dan susu sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan para tenaga medis di Puskesmas Cijantung. Paket APD dan bingkisan suplemen tersebut langsung diterima oleh Bu Sri Rahayu selaku Kepala Puskesmas Cijantung.

“Semoga tim medis Puskesmas Cijantung selalu dalam lindungan Allah subhanahu wata’ala serta diberi kesehatan, kesabaran dan keikhlasan dalam menjalankan tugasnya,” begitu pesan Bu Siti Solehah Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPRa Cijantung yang mengkoordinir delegasi ini.

Program PKS Cijantung ini merupakan kelanjutan dari arahan Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman, Ph.D. yang menginstruksikan kepada seluruh struktur dan kader PKS untuk membantu warga yang terdampak karantina dan mendukung tenaga medis dalam memenuhi kebutuhan APD. Sebelumnya, DPP PKS sudah menyerahkan bantuan APD ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau bantuan pemerintah masih terfokus ke Rumah Sakit, terutama Rumah Sakit rujukan. Maka DPRa PKS Cijantung berinisiatif untuk membantu Puskesmas yang mungkin belum terjangkau bantuan APD. Padahal sebagai tenaga medis, di musim wabah seperti ini tetap perlu APD meskipun sekadar bertugas di puskesmas. Inilah yang mendasari PKS Cijantung untuk melakukan gotong royong pengadaan APD Puskesmas,” ujar Maryadi selaku Ketua DPRa PKS Cijantung.

Sesuai protokol dari Pemprov DKI, rombongan DPRa PKS Cijantung tidak berlama-lama. Tiba jam 13.30 WIB dan hanya 15 menit berada di Puskesmas. Rombongan pun dibatasi hanya 5 orang, yang didominasi ibu-ibu. Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPRa Cijantung Ibu Siti Solehah yang mengkoordinir delegasi, juga tidak dapat ikut dan hanya memonitor secara daring. Hal ini menjadi tekad kader-kader PKS, berusaha terus agar program-program layanan masyarakat tetap berjalanan namun dengan tetap meminimalisir mobilitas guna mendukung program karantina mandiri di rumah yang dihimbau Gubernur Anies Baswedan.[]

Kader PKS DPRa Cijantung Menyerahkan Bantuan APD Hasil Program Donasi APD