Anggota DPRD DKI M. Taufik Zoelkifli minta Pasar Jaya, Food Station dan Dharma Jaya untuk Sigap hadapi Kelangkaan Pangan

Jakarta – Anggota DPRD DKI FPKS M. Taufik Zoelkifli meminta Dirut BUMD milik Pemprov DKI yakni Pasar Jaya, Food Station, dan Dharma jaya untuk sigap dan kreatif menghadapi berbagai tantangan kedepan akibat pandemi covid-19, termasuk kelangkaan pangan yang diprediksi oleh banyak pengamat.

M. Taufik Zoelkifli menyebut beberapa negara yang menjadi sumber impor beras seperti Vietnam dan Thailand sudah membatasi ekspornya ke Indonesia. Hal itu sebagai antisipasi untuk memenuhi kebutuhan negaranya sendiri.

“Negara-negara pengekspor sangat khawatir dengan lamanya pandemi ini, harusnya bulan-bulan ini kita sudah mulai impor untuk stok diakhir tahun nanti, namun mereka enggan membuka ekspornya karena mementingkan kebutuhan domestik terlebih dahulu, ujar M. Taufik Zoelkifli saat dijumpai di kawasan Pulomas Jakarta, Minggu (28/6/2020).

M. Taufik Zoelkifli atau yang biasa disapa MTZ mengatakan Pasar Jaya, Food Station dan Dharma Jaya harus menjadi garda terdepan DKI dalam mengatasi permasalahan ketahanan pangan ini, karna DKI Jakarta merupakan barometer perekonomian Indonesia.

“Kesigapan dari tiga BUMD milik Pemprov DKI untuk mengantisipasi ini semua sangat penting, jangan sampai nantinya kita kedodoran” ucap MTZ.

Menurut MTZ, Jakarta kedepannya harus memiliki lebih banyak lahan-lahan di daerah atau paling tidak kerjasama dengan daerah penyokong seperti Jawa Barat, Banten dan Jawa Tengah harus lebih ditingkatkan. Jangan sampai kita terlalu bergantung dengan negara luar.

M. Taufik Zoelkifli juga mendorong Pemprov untuk memfasilitasi warganya dalam mengembangkan urban farming sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan lahan yang sangat terbatas di Jakarta.