Jakarta — Kebakaran melanda rumah tinggal di Jalan Sa’abun, RT 08,09,12 /RW 02, Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin sore (21/10/2019). Data sementara, kebakaran ini mengakibatkan 51 rumah hangus terbakar. Jumlah jiwa (terdampak) 62 KK (kepala keluarga), 183 jiwa.

Melihat kondisi tersebut, DPRa PKS Bidara Cina spontan membuka Posko Khidmat PKS yang terletak tidak jauh dari lokasi kejadian.

Iqbal selaku Ketua DPRa PKS Bidara Cina sekaligus penanggung jawab posko menerangkan bahwa posko didirikan malam hari setelah kejadian.

“Alhamdulillah tadi malam kami langsung mendirikan Posko Khidmat PKS yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran. Dan kami juga mendapat bantuan pakaian layak pakai dari DPC PKS Kramat jati. Tadi malam juga Aleg PKS DPRD Provinsi DKI Jakarta, pak Nasdianto juga langsung meninjau lokasi kejadian dan singgah ke posko ini” jelas Iqbal saat berada di posko, Selasa (22/10/2019).

Iqbal kembali menjelaskan bahwa posko tersebut mulai aktif bekerja pagi ini.

“Iya, Alhamdulillah posko ini sudah mulai bekerja. Tadi pagi kami membagikan pakaian layak pakai untuk para korban kebakaran, mereka sangat antusias, dan kami juga menyediakan sarapan berupa kurang lebih 200 bungkus roti,” pungkasnya.

Iqbal juga menegaskan PKS Bidara Cina bersama Struktur DPC Jatinegara berencana akan membantu membersihkan puing-puing rumah warga dampak kebakaran.

“Tadi kami juga meninjau kembali lokasi kebakaran yang menghanguskan kurang lebih 51 rumah, dan kami juga tadi bertemu dengan Lurah yang juga sedang meninjau lokasi. Info dari pak Lurah bahwa Kelurahan Bidaracina akan mengerahkan PPSU untuk membersihkan puing-puing rumah dampak kebakaran. Disitu kami berinisiatif akan ikut mengambil peran aktif, entah itu menyiapkan logistik maupun menerjunkan relawan untuk membantu PPSU membersihkan puing-puing dampak kebakaran,” tegas Iqbal.

PKS Bidaracina juga membuka ladang amal bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan. Bisa langsung datang ke Posko PKS Bidara Cina atau transfer melalui Rekening Mandiri 070 000 535 2237 atas nama Erdi Sulaiman dan bisa mengonfirmasi ke 085811284976.